Thursday, October 11, 2012

Mengerti Apa Itu Bisnis Informatika


Untuk mengerti apa itu bisnis informatika kita harus mengurai dua kata tersebut. Yang pertama bisnis, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.
Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
 
Dan yang kedua adalah Informatika, Informatika secara luas didefinisikan sebagai ilmu pengolahan informasi. Jika kita menggabungkan kedua kata tersebut memang memilki arti yang berbeda. Namun jika kita memadu padankan kedua kata tersebut kita dapat mengambil arti bahwa bisnis informatika adalah disiplin ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk sepenuhnya mengintegrasikan ilmu komputer dan administrasi bisnis dalam satu bidang.
Bisnis informatika memang lebih menggiurkan, karena pada era perkembangan teknologi yang semakin canggih, sangat memungkinkan sekali orang lebih tertarik untuk melakukan bisnis dengan bantuan teknolgi informasi. Alasanya dengan bisnis seperti ini akan sangat menghemat waktu, biaya dan lain-lain.
Adapun contoh dari bisnis informatika antara lain :

E-Commerce

E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan. tetepi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.

Jasa Warnet

Menurut saya bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi. Perkembangan bisnis warnet sangan pesat sekali seiring dengan perkembagan internet, kita ambil contoh saja yaitu perkembangan jejaring sosial seperti facebook , twiter , game online , dll. Semua itu akan menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha warnet merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Penyedia Jasa Berita dan infotainment online

Bisnis ini merupakan bisnin yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com , dll.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://www.wisegeek.com/what-is-business-informatics.htm
http://arif-novendi.blogspot.com/2011/09/artikel-ini-merupakan-lanjutan-dari.html 

1 comments:

jo - ardianto said...

OK semoga bermanfaat :D

Post a Comment