Friday, January 6, 2012

Perbedaan Jenis Printer


Perbedaan jenis printer Dot-Matrix, Iaserjet, Inkjet, dan Deskjet
1. Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini dapat mengeluarkan suara suara yang cenderung keras dan kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Karena printer ini dikenal atau awet membuat printer ini masih banyak yang mengunakannya. Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

2. Inkjet Printer

Inkjet printer adalah alat pencetak yang sudah pasti dan sangat jelas bahwa printer itu sudah memakai tinta untuk proses cetak. Dan jika digunakan untuk mencetak yang berwarna dan gambar printer ini jadi solusinya. Karena kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Walaupun demikian pada inkjet printer, hasil cetakan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

3. Laserjet printer
Laserjet printer adalah printer yang memakai tinta bubuk, yang jauh berbeda dengan printer inkjet. Di dalam printer ini sistemnya lumayan rumit, karena ada roller magnetic, PCR, OPC Drum, Wipper blade, DR Blade, Coating film. Sehingga printer hamper sama dengan mesin foto copy. Daya cetaknya cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laserjet printer ini pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Namun umumnya harga printer jenis ini lumyan mahal begitu pula dengan suku cadangnya.

4. Dekjet printer
Dekjet printer adalah jenis printer yang hampir sama dengan jenis laserjet. Hanya saja untuk printer jenis deskjet dalam pencetakannya sedikit lebih lambat dibandingkan dengan laserjet. Namun selebihnya printer jenis ini bisa dikatakan sama dengan jenis laserjet.

Dari semua jenis printer tidak semua merk memiliki kemampuan dan kualitas yang sama persis, karena setiap merk printer memiki spesifikasi tersendiri dalam jenis printer yang mereka produksi. Artinya jenis printer yang sama namun beda merk bisa saja memilki kualitas yag berbeda. Namun pada intinya jenis-jenis printer yang diproduksi hampirsama pada system kerjanya.

Sumber

2 comments:

Achmad said...

Nice share gan.. :) baca juga yang saya ya..

http://top-ilmu.blogspot.com/2012/11/perbedaan-printer-inkjet-laserjet-dotmatrik.html

Dian Capriati said...

Wow bermanfaat sekali... Terima Kasih atas informasinya, berguna untuk memilih printer berdasarkan perbedaan jenis printernya... 😊😊

Post a Comment