Saturday, May 5, 2012

Pengertian Kriptografi & Fungsi Hash

Pengertian Kriptografi
Kriptografi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata kryptos yang berarti tersembunyi dan grafo yang berarti tulis. Kriptografi secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita. Selain pengertian tersebut kriptografi juga merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integri tas data, serta autentikasi data.
Kriptografi memungkinkan beberapa operasi atau proses terhadap data. Dua buah operasi dasar adalah enkripsi (dengan dekripsi sebagai proses balikannya) dan signing (dengan verifikasi dari signature sebagai proses balikannya). Enkripsi analog dengan memasukkan surat kedalam sebuah amplop sedangkan dekripsi analog dengan membuang amplop dan mengambil data. Signature analog dengan pemberian tanda-tangan terhadap sebuah dokumen dan penanda bahwa dokumen tersebut tidak berubah dari aslinya.
  
Konsep Penggunaan Kriptografi 
Konsep penggunaan kriptografi antara lain: 1. Kerahasiaan (Confidentiality). Sederhananya, kerahasiaan adalah proses penyembunyian data dari orang-orang yang tidak punya otoritas. 2. Integritas (Integrity) Proses untuk menjaga agar sebuah data tidak dirubah-rubah sewaktu ditransfer atau disimpan. 3. Penghindaran Penolakan (Non-repuditation) Proses untuk menjaga bukti-bukti bahwa suatu data berasal dari seseorang. Seseorang yang ingin menyangkal bahwa data tersebut bukan berasal darinya, dapat saja melenyapkan bukti-bukti yang ada. Karenanya diperlukan teknik untuk melindungi data-data tersebut. 4. Autentikasi (Authentication) Proses untuk menjamin keaslian suatu data. 5. Tanda Tangan Data (Data Signature) Dapat disebut juga sebagai tanda tangan digital. Berguna untuk menandatangi data digital. Contohnya adalah Digital Signature Algorithm (DSA) 6. Kontrol Akses (Access Control) Untuk mengontrol akses terhadap suatu entity. Contoh penggunaan kriptografi di dunia internet antara lain: Secure Shell (SSH), SSL (Secure Socket Layer), Secure Hypertext Transfer Protocol (HTTP), dan lain lain.

Pengertian Fungsi Hash 
Hash function atau fungsi hash adalah suatu cara menciptakan “fingerprint” dari berbagai data masukan. Hash function akan mengganti atau mentranspose-kan data tersebut untuk menciptakan fingerprint, yang biasa disebut hash value. Hash value biasanya digambarkan sebagai suatu string pendek yang terdiri atas huruf dan angka yang terlihat random (data biner yang ditulis dalam notasi heksadesimal). Suatu hash function adalah sebuah fungsi matematika, yang mengambil sebuah panjang variabel string input, yang disebut pre-image dan mengkonversikannya ke sebuah string output dengan panjang yang tetap dan biasanya lebih kecil, yang disebut message digest5. Hash function digunakan untuk melakukan fingerprint pada pre-image, yaitu menghasilkan sebuah nilai yang dapat menandai (mewakili) pre-image sesungguhnya. Fungsi hash satu arah (one-way hash function) adalah hash function yang bekerja satu arah, yaitu suatu hash function yang dengan mudah dapat menghitung hash value dari pre-image, tetapi sangat sukar untuk menghitung pre-image dari hash value. Sebuah fungsi hash satu arah, H(M), beroperasi pada suatu pre-image pesan M dengan panjang sembarang, dan mengembalikan nilai hash h yang memiliki panjang tetap.
 Dalam notasi matematika fungsi hash satu arah dapat ditulis sebagai:
h = H(M), dengan h memiliki panjang b 
Ada banyak fungsi yang mampu menerima input dengan panjang sembarang dan menghasilkan output dengan panjang tetap, tetapi fungsi hash satu arah memiliki karakteristik tambahan yang membuatnya satu arah :
Diberikan M, mudah menghitung h.
Diberikan h, sulit menghitung M agar H(M) = h.
Diberikan M, sulit menemukan pesan lain, M', agar H(M) = H(M').
Dalam dunia nyata, fungsi hash satu arah dikembangkan berdasarkan ide sebuah fungsi kompresi. Fungsi satu arah ini menghasilkan nilai hash berukuran n bila diberikan input berukuran b. Input untuk fungsi kompresi adalah suatu blok pesan dan hasil blok teks sebelumnya. Sehingga hash suatu blok M, adalah
hi = f(Mi,hi-1) dengan
hi = hash value saat ini.
Mi = blok pesan saat ini.
 hi-1 = hash value blok teks sebelumnya.
Fungsi hash sangat berguna untuk menjaga integritas sebuah data. Sudah banyak algoritma hash function yang diciptakan, namun hash function yang umum digunakan saat ini adalah MD5 dan SHA (Secure Hash Algorithm). Algoritma hash function yang baik adalah yang menghasilkan sedikit hash collision.

Sumber1
Sumber2

1 comments:

Anonymous said...

Kami juga mempunyai artikel yang terkait dengan algoritma hash, bisa di download disini:
http://abrari.wordpress.com/2010/04/02/algoritma-hash-md5/
semoga bermanfaat :D

Post a Comment