Friday, September 24, 2010

Memahami apa itu New Media dalam Digital Theory


Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya Digital Theory khususnya New Media. New Media atau media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya.

Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.

Jadi new media disini bukanlah televise, radio dan media cetak. Karena contoh tersebut sangatlah tidak masuk dalam bagian media baru.

Media baru memang banyak membawa nilai positif maupun negative, namun hal tersebut sesuai bagaimana kita menyikapinya. Jika kita tahu dan paham bagaimana memanfaatkan media baru tersebut, tentu kita pun akan banyak memperoleh hasil yang berguna untuk kita sendiri.

referensi :
Wikipedia

Sekian sedikit pembahasan dari saya, semoga berguna.
Salam

0 comments:

Post a Comment