NPM : 51409148
Kelas : 4IA23
Dosen : Rina Noviana
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT
serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi
Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari
kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi
seluruh umat manusia,
sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata
kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai
hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami
dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui
kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya
kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia
dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman
dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh
karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami
harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini
bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Cisurupan, Maret 2012
Tim Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan
Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan : D’Maddy Distro
Alamat
perusahaan : Jl. Guntur, No. 56 Garut
– Jawa Barat
No. Telp : (021)2305707
1.2. Nama dan
Alamat Pemilik
Nama
pemilik
|
:
|
|
Alamat pemilik
|
:
|
Kp.
Sukamaju RT/01 RW/04, Desa. Mekarjaya Cikajang - Garut`
|
No. Telp
|
081382312332
|
1.3. Nama dan
Alamat Penanggung jawab
Nama
|
:
|
|
Alamat
|
:
|
Kp.
Pamoyanan RT/01 RW/05, Desa Cisurupan, Cisurupan - Garut
|
No. Telp
|
:
|
087724982287
|
1.4. Informasi
tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan
kami bergerak di bidang perdagangan yang
menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Garut,
khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun
maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang
bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi
masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara
pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat
terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan Garut indah merupakan perumahan yang relatif
baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir
yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun
kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk
membuka usaha distro, karena
hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat
yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama
serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam
bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion
dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’maddy yang
berdiri di kota Garut, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya
masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam
mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion
dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak &
cirri khas Indonesia.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan
solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan
warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan
yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :” D’maddy Distro : The
Satisfied Of Customers Is Number One”
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di
Perumahan Komp. Garut Indah karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi
mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu
lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka
usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1
ruangan ukuran 10m x 8m.
2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka
dari pukul 09.00 pagi
sampai dengan pukul 21.00.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan
adalah ”Comfortable and High
Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat
pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang
memuaskan.
2.7. Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan
brosur promosi.
Selain
itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa
dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis D’Maddy distro akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target
Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau
abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah
pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami
yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan
masyarakat terutama sekitar Perumahan Garut Indah pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis
Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha distro ini masih
belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
3.3. Segmentasi
Pasar yang akan dimasuki
Distro d’Maddy membidik pasar kelas menengah ke
bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada
prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya
pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi
populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin
rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang
dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga
menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami
hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat
memuaskan konsumen,
o
Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style
yang uptodate
o
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali
cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan
manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai
beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o
kualitas produk terjamin
o
sesuai dengan selera masyarakat
4.2. Ruang
Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena
semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari
itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan
D’Maddy Distro terletak di Jl. Guntur, No. 56 Garut – Jawa Barat. Distro
ini sudah memenuhi persyaratan
berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari
pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah
lancar.
4.3. Personalia
dan Perlengkapan Kantor
Pemilik :
Irma
Sustiani Sitohang
Penanggung Jawab : Ai Roudotul Munawaroh
Sekretaris :
Sonya
Hutabarat
Bendahara :
Doni
Lukman Hakim
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses
Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan D’Maddy Distro ini
dapat dilihat pada bagan berikut :
5.2. Sumber-sumber
Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil
dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas
pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga
dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun
konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan
Harga
Harga yang
akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
6.2. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan
dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini
antara lain :
•
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel
tiap bulannya.
•
Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring
sosial maupun forum.
•
Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1. Struktur Organisasi
Struktur
organisasinya yaitu :
7.2. Job Description
¤ Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari hasil usaha.
¤ Sekretaris
bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat
data.
¤ Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
¤ Penanggung jawab bertugas untuk
bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan
bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani
pelanggan.
¤ Karyawan
bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan
prima.
7.3. Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari
orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang
berhubungan dengan usaha
distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha
adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan.
Adapun status kepemilikan distro D’Maddy Distro yaitu perseroan. Dimana
pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro.
BAB VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi
tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength
(Kekuatan)
1.
Bertanggung
jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.
Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
3.
Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.
Menjual
produk yang berkualitas
|
Weaknes
(Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala
nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
Oportunity
(Peluang)
1. Dengan
tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing
walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul
di kemudian hari.
2. Saat ini
dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut
Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
Threaty
(Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang
sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
8.2. Gambaran
tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap
kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet
yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun
distro yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan
semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi
hal ini, maka kami selalu memberikan
dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan
kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan
memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian D’Maddy Distro yaitu dari pemilik
distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam
bidang perdagangan
.
9.2. Neraca
Permulaan Perusahaan
a) Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain
Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi
awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 60.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp.
685.000.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
·
Listrik Rp.
12.000.000,-
·
Asuransi Rp.
11.000.000,-
·
Transportasi Rp. 6.500.000,-
·
Administrasi Rp. 4.500.000,-
·
Pajak Rp. 2.750.000,-
·
Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 42.750.000,-
+
Total Rp.
667.250.000
9.3. Proyeksi
Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi
keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini,
akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil
keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami
sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3,
4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami
gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4. Analisis
titik Impas (BEP)
Untuk menganalisis titik impas dari produk kami, kami
mengambil sampel dari jenis kaos dengan. Biaya tetap yang anda keluarkan adalah
50.000.000. Biaya variabelnya sebesar 500.000 ribu rupiah per unit. Kemudian
anda berencana menjual macam-macam jus buah tersebut dengan harga 5 ribu rupiah
per gelas. Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1.
BEP (dalam unit) = 250.000 : (5.000 – 3.000) = 125 unit.
2.
BEP (dalam rupiah) = 250.000 : 1 – (3.000 : 5.000) = 625000 rupiah.
So, anda harus berjualan jus buah sebanyak 125 gelas atau menjual
sebesar 625 ribu rupiah agar anda mencapai titik impas. Maksudnya adalah 125
gelas atau 625 ribu rupiah tadi sudah bisa anda gunakan buat bayar semua
pengeluaran usaha jus anda tanpa anda harus rugi.
Dan apabila anda mampu menjual 126 gelas, berarti yang satu gelas tadilah
keuntungan anda. Paham kan? Kesimpulannya adalah apapun tipe bisnis anda, di awal
anda melangkah, usahakan selalu menghitung berapa titik impas atau BEP produk
anda. Jadi anda sudah punya bayangan, oo…harus jual segini tho agar usahaku
aman. Atau oo…harus dapat pemasukan segini buat bisa jalan lagi. Analisa Keuangan 4 Tahun Mendatang. Note
: Perkiraan Break Event Point Pada Tahun Ketiga
9.5. Perencanaan
Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH
(RP)
|
|
Biaya
tetap
|
||
1.
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2.
Gaji pegawai
|
Rp.
60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya
lain
|
||
1.
Listrik
2.
Asuransi
3.
Transportasi
4.
Administrasi
5.
Pajak
|
Rp.
12.000.000,-
Rp.
11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
BAB X
APENDIKS
Sebagai
pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang
2. Surat Tanda
Daftar Usaha Perdagangan
3.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
1.
contoh TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
DEPARTEMEN
PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA TEMANGGUNG
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________
1.
Nama
Perusahaan :
D’MADDY DISTRO
2.
Merek (milik
sendiri/lisensi) :
D’MADDY
3.
Alamat
Kantor Perusahaan :
Tegowanuh,Kaloran,Temanggung
4.
Nama
Pemilik/ penanggung Jawab :
Nuryani
5.
Alamat
Pemilik/ Penanggung Jawab :
Tegowanuh,Kaloran,Temanggung
6.
Nomor Pokok
wajib pajak (NPWP) :
1.201.409.8-424
7.
Bidang Usaha
; Barang/ Jasa : Barang
8.
Nilai
Investasi Perusahaan Seluruhnya :
Tidak termasuk tanah dan bangunan Tempat usaha
9.
Jenis
Kegiatan usaha :
Perdagangan
10. Jenis
barang/ jasa dagangan Utama :
Pakaian
TDUP ini
diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
|
:
|
Tanda
daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha
Perdagangan.
|
Kedua
|
:
|
pemilik/
Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap
tahun sekali.
|
Ketiga
|
:
|
Tidak
berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,
kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan
kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan perundang-undangan
yang berlaku
|
Dikeluarkan
di : Garut
Pada Tanggal : 12 Maret 2012
Ka . Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan
:
- Menteri
Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
- Inspektur
jenderal depperindag
- Dirjen
Perdagangan dalam Negeri depperindag
- Ka.
Pusdatin depperindag
- Ka.
Kanwil depperindag
- Pertinggal
File bisa di donwload disini => Proposal Distro
Contoh proposal ini dibuat untuk melengkapi tugas softskill "Pengantar Bisnis Informatika"
Kelompok :
- Abdul Rahman
- Joko Ardianto (Saya)
- Lanang Bondan Kejawan
- Rizki Inwiratika
0 comments:
Post a Comment