Monday, January 3, 2011

Game Online


Perkembangan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang sangat pesat memicu munculnya tren-tren baru di kalangan pengguna internet. Bermain game online adalah salah satu tren yang sedang mewabah di kalangan pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia.

Game online kini tengah digandrungi anak-anak dan kaum muda. Tren game online saat ini menjadi konten hiburan sekaligus memberi pengalaman berkomunitas, kerja sama tim, dan melatih kecermatan serta kecepatan bagi penggilanya.
Sederhananya, game online adalah permainan eletronik berbasis teknologi audio video dengan bantuan komputer. Hanya saja, sebagai medianya, game online menggunakan jaringan internet.

Cara kerja internet yang tak terbendung batas waktu dan ruang juga berlaku bagi game online. Siapapun, pada saat yang bersamaan bisa memainkan permainan yang sama dalam satu dimensi, meski berbeda lokasi. Beberapa game online yang cukup populer di antaranya Master of Fantasy Ragnarok, GetAmped R, Seal Online, dan RF Online.

Sebutlah Ragnarok yang bergenre massive multiplayer online role playing game (MMORPG), Pangya yang bergenre fantasy sport, atau malah Gunbound yang masuk kategori turn based. Jenis genre macam itu yang kemudian mengotak-ngotakkan beberapa game sehingga mempunyai penggemarnya sendiri. Hal ini yang membedakan dengan game online standar yang jamak dijumpai di situs-situs macam Yahoo atau MSN.

Games online yang sempat heboh diawal perkenalan game online diindonesia adalah counter strike dan ragnarok namun sekarang sudah jauh lebih berkembang baik mutu dan cara bermainnya. Sebut saja Empire earth yang saat ini masih menjadi idola remaja penggemar Game online. Menggunakan seperangkat komputer personal yang terhubung satu sama lain, game jaringan memang terlihat sangat mengasyikkan. Siapa saja bisa ikut dalam permainan ini, dan memilih karakter yang mereka inginkan. Para pemain juga dapat memilih senjata dan perlengkapan yang akan mereka gunakan dalam permainan. Pada intinya, permainan ini seakan sebuah petualangan di dunia maya, dimana kita serasa benar-benar terlibat di dalamnya.

Game online sendiri tenar karena internet. Permainan yang terkoneksi jaringan internet ini dapat dimainkan siapa saja dan dimana saja. Dan di dalam negeri, khususnya di kota-kota besar, tak sulit untuk menemukan tempat-tempat yang menyediakan layanan game online. Cukup datang ke warung internet atau warnet, permainan elektronik online ini sudah pasti dapat ditemukan.

Yang menjadi kekhawatiran adalah remaja yang seringkali menghabiskan waktu dan uang demi permainan games online ini. Bukan hanya mahasiswa pecandu internet yang ada disana, namun siswa berseragam biru dan merah juga nampak asyik menghabiskan waktu dan uang demi sebuah permainan game relaksasi.
Namun berhati-hatilah bila anda kecanduan game online! Seperti yang saya kutip dari Tempointeraktif.com, pelajar berusia 19 tahun yang hanya dikenal dengan nama samaran Moon itu tewas setelah 12 jam bermain game online di kota Ulsan, Korea Selatan. Dia mulai bermain game online pada pukul 2 pagi. Lalu berhenti sejenak pada pukul 10.30 pagi untuk pulang dan sarapan sebelum kembali ke warnet. Sekitar pukul 2 sore, salah satu penunggu warnet menemukan remaja itu tersungkur di atas keyboard dan langsung dibawa ke rumah sakit. Namun, sayangnya, belum sempat ditangani dokter di rumah sakit remaja itu mengembuskan napas terakhirnya dalam perjalanan.

Kecanduan game online hingga lupa waktu dan lupa diri adalah contoh bentuk kekhawatiran akses negatif yang termuat dalam internet. Filter terbaik yang bisa kita lakukan bersama adalah peran keluarga yang bisa dan mampu memberi perhatian penuh terhadap hobby dan perilaku remaja. Disamping itu peran lingkungan sekolah, masyarakat maupun lembaga yang terkait juga diharapkan mampu menjadi penyeimbang perkembangan remaja. Game online memang menjadi sebuah hal yang positif jika hal itu dilakukan menurut aturan dan kondisi yang ada.
Sekian tulisan saya kali ini tentang game online. Komentar dan tanggapannya saya serahkan kepada para pembaca .
Terima kasih :D

1 comments:

idolaqq 1 said...

wah bagus juga bisa ikut game online seperti
Agen poker
Agen Domino QQ
Agen sbobet online

Post a Comment